Wednesday, September 12, 2012

Hati-hati Pengguna Lensa Kontak? Waspadalah!


HOTSPOTSONE -- Amuba jenis baru yang dianggap mematikan, mengintai para pengguna lensa kontak. Serangan bahkan dapat membutakan si pengguna soft lense. Laman Zeenews baru-baru ini mewartakan, amuba Acanthamoeba ditemukan di keran air kamar mandi dan kolam renang.

Acanthamoeba--parasit yang juga terdapat pada partikel debu, umumnya menyerang para pengguna lensa kontak dengan menggerogoti bola mata. Infeksi yang ditimbulkan oleh mikroorganisme ini memang kecil, namun membutuhkan waktu pengobatan lama yang menyakitkan.

Gejala terinfeksi Acanthamoeba umumnya seperti mata gatal, berair, penglihatan kabur, sensitif terhadap cahaya, terjadi pembengkakan kelopak mata atas, serta rasa sakit yang hebat. Fiona Heriquez, dari University of the West of Scotland, mengatakan hal itu adalah masalah potensial untuk setiap pemakai lensa kontak.

Sementara Profesor Universitas Strathclyde Craig Roberts, mengatakan solusi terbaik untuk penderitanya adalah dengan membersihkan lensa kontak. "Karena amuba itu benar-benar berada di mana saja," ungkapnya.

Proses infeksi Acanthamoeba terjadi ketika lensa telah dipasang pada mata. Kemudian makhluk ini mulai menggerogoti kornea, lapisan luar bola mata, dan terus berkembang biak merusak mata. "Penglihatan pun dapat rusak secara permanen dalam waktu sepekan," jelas Graeme Stevenson, seorang ahli pembuat kacamata.

Sejauh ini, perawatan infeksi Acanthamoeba umumnya diberikan tetes mata Dettol. Dengan pemberian selama 20 menit pada siang dan malam, hingga menjalani perawatan sampai tiga pekan di rumah sakit. Pada kasus yang paling parah, mereka harus diberikan transplantasi kornea untuk mengembalikan penglihatannya seperti semula.

No comments:

Post a Comment