Tuesday, September 11, 2012

Germo Pengendali Ribuan PSK Berkelit


HOTSPOTSONE -- Modus bisnis 'jualan' wanita yang diprakarsai Yunita alias Keyko asal Jayagiri IX, Denpasar, Bali, tergolong rapi. Untuk menghindari endusan polisi, wanita berkulit kuning itu selalu berpindah tempat tinggal.

Ia juga tergolong lihai memasarkan anak buahnya yang banyak diminati lelaki hidung belang termasuk para pengusaha dan pejabat Ibukota. Kelihaian Keyko menghindar itu juga diakui petugas kepolisian di Polrestabes Surabaya.

"Cukup sulit dan butuh waktu dan kesabaran membongkar kejahatan yang dilakukan ibu dari dua anak tersebut," kata seorang penyidik, Selasa 11 September 2012.

Kelihaian Keyko juga tak lepas dari peran sejumlah orang kepercayaannya yang berperan sebagai mucikari. Mereka, keberadaannya tersebar di seantero nusantara. Meski tergolong orang rumahan, termasuk 'ayam' atau wanita panggilan yang disediakan, mereka juga rapi menjalankan bisnis haram itu.

Terbukti, tak sedikit wanita muda nan cantik dan seksi termasuk pemilik paras ayu yang banyak berprofesi sebagai model dan Sales Promotion (SPG), mahasiswa, pekerja kantoran dan anak-anak orang kaya. Keyko sedikitnya mengelola 1.600 PSK.

Karena itu, pelanggan Keyko banyak dari kalangan orang-orang berkelas dan kaya. "Makanya tarif yang dibanderol Keyko cukup mahal. Mulai harga Rp1,5 juta sampai Rp5 juta juga ada," kata penyidik itu.

Dibutuhkan waktu panjang, mulai mengendus sampai menangkap Keyko. Karena, wanita seksi itu memiliki banyak tempat tinggal, dan selalu berpindah-pindah. Data yang didapat polisi, Keyko di antaranya memiliki tempat tinggal di Jalan Letda Ngurah Putra, Denpasar Timur; Jalan Semanggi, Glegor Carik, Denpasar Selatan; Kabupaten Bandung; Sukabumi; serta beberapa tempat lainnya, termasuk di Jalan Merak dan Darmo Husada di Surabaya.

"Butuh empat hari untuk menangkap tersangka ini. Dan, kami menangkapnya di Bali," kata pejabat sementara Kepala Unit Kejahatan Umum Polrestabes Surabaya, Iptu M Solikin Feri.

Dalam penangkapan lanjutan itu, polisi Surabaya membekuk orang-orang terpercaya Keyko seperti Nugroho Tjahjono Budiono alias Dion (36), asal Semarang; Lanny alias Nonik (27), pemilik Apartemen Metropolis, Surabaya; dan pembantu Lanny, Gloria alias Nonik palsu (27) asal Boyolali, Jawa Tengah.

�Setelah dilakukan pengembangan atas ketiga tersangka sebelumnya, kami berhasil menangkap Lanny di kamar apartemen tempat dia tinggal,� ujar Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Farman.

No comments:

Post a Comment