Tuesday, September 11, 2012

Alasan Pria dan Wanita Tak Bisa Berteman

HOTSPOTSONE -- Kaum wanita dan pria memang tidak bisa bersahabat. Dan penemuan terbaru menunjukkan bahwa perasaan membuat persahabatan lawan jenis menjadikan beban dibanding manfaatnya.
Dalam sebuah studi baru, para peneliti meminta peserta untuk membuat daftar keuntungan dan kerugian memiliki teman lawan jenis. Dari semua peserta, 32 persen mencantumkan perasaan terarik sebagai balasannya, sementara hanya 6 persen yang mencantumkan perasaan sebagai manfaat.

Namun, perempuan lebih cenderung melaporkan perasaan tertarik sebagai kerugian dibanding laki-laki. 47 Persen perempuan antara usia 18 dan 23 tahun mencantumkan rasa tertarik dalam persahabatan lawan jenis dan 22 persen pria melaporkan hal yang sama.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persahabatan lawan jenis juga dapat membahayakan hubungan romantis, dengan 38 persen wanita dan 25 persen pria berusia antara 27 dan 50 tahun melaporkan bahwa rasa cemburu dari pasangan mereka adalah kelemahan dari mempertahankan persahabatan lawan jenis.

Bahkan para peneliti dari University of Wisconsin-Eau Claire menemukan bahwa mereka yang merasa lebih tertarik dalam hubungan lawan jenis biasanya yang kurang puas dengan hubungan mereka saat ini.

"Temuan kami berhubungan dengan ketertarikan antara persahabatan yang beda jenis kelamin dan konsekuensi negatifnya dalam jangka panjang," tulis para penulis penelitian.

Penelitian itu diterbitkan di Journal of Social and Personal Relationships seperti dikutip dari medicaldaily, Selasa (11/9).

Dalam percobaan lain yang melibatkan 88 pria usia kuliah dan wanita yang datang ke laboratorium dengan seorang teman lawan jenisnya. Peserta diminta menilai tingkat ketertarikan terhadap teman mereka pada skala satu sampai sembilan.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa laki-laki, apakah dia berpasangan atau sendiri, cenderung lebih tertarik pada teman perempuan mereka dan akan cenderung ingin pergi kencan dengan mereka daripada sebaliknya.

Para peneliti menemukan bahwa pria juga mengasumsikan bahwa teman-teman perempuan mereka lebih tertarik kepada mereka dan kaum perempuan cenderung tidak menyadari fakta ini.

Sementara wanita lajang dan yang berpasangan menunjukkan tingkat ketertarikan yang sama ke teman pria mereka. Perempuan berpasangan cenderung tertarik jika hubungannya saat ini ada masalah

No comments:

Post a Comment