Sunday, August 7, 2011

Bawa Bom, 3 WN Korea Diamankan di Soekarno Hatta



TANGERANG - Petugas keamanan Bandara atau Aviation Security (Avsec) Soekarno Hatta mengamankan tiga warga Negara Korea Selatan (Korsel). Mereka diduga membawa tujuh peledak berkekuatan tinggi atau high explosive hari ini.

Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura II Salahudin Rafi mengungkapkan bahan peledak tersebut dikemas secara khusus yang terdiri dari sejumlah detonator, 10 jenis kabel pemicu dengan beragam ukuran dan warna, serta tujuh macam peledak bertanda high explosives.

Dia menceritakan, ketiga pelaku yang terdiri dari dua pria dan seorang wanita itu berniat membawa barang bawaan mereka ke Balikpapan, Kalimantan Timur, menggunakan pesawat Lion Air JT-760 yang dijadwalkan terbang pukul 06.15 WIB.

Ketiga pelaku yang bernama Leeoeun Kyung, Khan Jae Soon serta Won Jeong Yeon, bertolak dari Bandara Incheon Korea dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu 7 Agustus malam menggunakan Korean Airlines KAL-627.

"Menurut pengakuan para pelaku, barang-barang itu bukanlah peledak sungguhan, melainkan hanya alat peraga yang akan dipakai untuk presentasi di sebuah perusahaan tambang di Balikpapan bernama PAMA. Mereka mengaku datang atas undangan, tetapi ketika diperiksa petugas mereka tidak bisa menunjukkan dokumen yang memperkuat penjelasan mereka," tulis Rafi dalam keterangan yang diterima okezone, Senin (8/8/2011).

Rafi menegaskan, dirinya memberikan apresiasi tinggi kepada Petugas Avsec yang telah menahan ketiga pelaku berikut barang-barang mencurigakan buatan perusahaan Korea, Global Hanwha Explosives Dream, tersebut.

"Terlepas dari benar atau salah barang-barang itu adalah dummy peraga, petugas kami sudah menjalankan tugasnya dengan sangat baik, menjaga keselamatan dan keamanan bandara dan penerbangan dari segala hal yang mencurigakan dan berpotensi menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan," ungkapnya.

Dia menambahkan, peristiwa penangkapan para pelaku dan barang buktinya tersebut tidak membuat heboh dan menghambat operasional penerbangan di Terminal 1 B. Ketiga WN Korea ini telah diserahkan ke Polres Bandara untuk diproses lebih lanjut.


DI LIKE YA GAN

No comments:

Post a Comment