Friday, May 27, 2011

Tim-tim yang Sudah Capai Final di Wembley



Stadion Wembley/Int

Stadion Wembley akan menggelar final Piala Eropa/ Liga Champion keenam kalinya ketika Barcelona melawan Manchester United Sabtu ini.

Tidak ada satu pun stadion yang menggelar final sebanyak itu, semuanya bermain di Stadion Wembley lama, namun pertandingan Sabtu nanti adalah pertandingan pertama yang digekar pasca dibukanya kembali stadion itu pada 2007.

Final-final di Wembley sebelumnya antara lain:

22 Mei 1963: AC Milan 2 - Benfica 1

AC Milan menjadi klub Italia pertama yang mengangkat Piala Eropa setelah mengandaskan harapan Benfica untuk mencetak hatrik gelar itu di depan 45.000 ribu penonton dalam pertandingan yang dimainkan Rabu sore tersebut.

Eusebio, yang mencetak dua gol untuk Benfica saat mengalahkan Real Madrid dengan 5-3, membawa timnya memimpin unggul lebih dulu di menit 18 tetapi Jose Altafini mencetak dua gol di babak kedua dan memberikan kemenangan Milan. Milan dikapteni Cesare Maldini, ayah dari legenda Milan, Paolo Maldini.


29 Mei 1968: MANCHESTER UNITED 4 - Benfica 1

Sepuluh tahun sudah timnya hancur oleh insiden Munich, Matt Busby memimpin Manchester United untuk pertama kalinya menggondol Piala Eropa setelah Benfica lagi-lagi kalah di Wembley.

Pemain selamat dari Tragedi Munich, Bobby Charlton menceploskan dua gol, George Best menghipnotis tuan rumah dengan gaya solonya yang hebat, sedangkan Brian Kidd membukuhkan gol lainnya pada ulang tahunnya ke-19 saat United yang mengenakan kostum biru menggapai sukses di perpanjangan waktu yang amat dikenang.

2 Juni 1971: AJAX AMSTERDAM 2 - Panathinaikos 0

Dominasi Ajax di Eropa di bawah pimpinan Johan Cruyff mulai ketika mereka memenangkan gelar ketiga berturut-turut pertamanya saat melawan Panathinaikos. Panathinaikos adalah kuda hitam dari Yunani yang diasuh manajer Ferenc Pusk�s. Pusk�s sendiri menjadi otak dominasi Real Madrid dalam dekade sebelumnya.

Dick Van Dijk mencetak gol pada lima menit, sedangkan Arie Haan menambahkan satu gol tiga menit sebelum akhir pertandingan, ketika saat itu Rinus Michels membawa Ajax membawa kemenangan.

10 Mei 1978: LIVERPOOL 1 CLUB Bruges 0

Kenny Dalglish yang melakukan debut untuk Liverpool di Wembley melawan Manchester United dalam Community Shield Agustus sebelumnya, melewati musim pertamanya yang cemerlang bersama Liverpool setelah mengalahkan Bruges. Pelatih Liverpool saat itu yang membawa klub itu memperoleh tropi Liga Eropa adalah Bob Paisley.

Dalglish memiliki penampilan yang berani, Para penggemar lebih memfavoritkan Kevin Keegan yang mengilhami Liverpool memenangkan Piala Eropa untuk pertama kalinya pada tahun sebelumnya ketika mengalahkan SV Hamburg. 30 tahun kemudian, Dalglish masih menjadi manajer klub Merseyside itu.

20 Mei 1992: BARCELONA 1 Sampdoria 0

Tidak seperti musuh bebuyutannya Real Madrid, Barcelona gagal melangkah lebih jauh di Piala Eropa setelah kekalahan pada 1961 dan 1986.

Semuanya berubah ketika Ronald Koeman membantu Barcelona lewat tendangan bebas yang memanfaatkan tendangan cepat Hristo Stoichkov yang kemudian membawa Barcelona menang atas Sampdoria pada perpanjangan waktu. Kemenangan itu membius para penggemar Barca dengan euforia.

Cruyff, yang pernah mengangkat Piala Eropa ketika menjadi pemain Ajax di Wembley pada 1971, memimpin Barcelona yang diantaranya termasuk manajer Barca sekarang Pep Guardiola yang mencapai kemenangan.

Semantara pelatih Roberto Mancini, yang berhasil membawa Manchester City memenangkan Piala FA di Wembley bulan ini, saat itu menjadi kapten tim Sampdoria yang kalah 0-1 dari Barca.

No comments:

Post a Comment