Sunday, July 3, 2011

Buah-Buahan Yang Bisa Menambah Kecerdassan Otak


Anda butuh makanan yang berlainan untuk mencukupi kemampuan berpikir, kesehatan, konektivitas dan kebutuhan otak lainnya. Jika Anda berpikir bagian tubuh yang paling suka lapar adalah perut dan lambung, maka Anda salah. Dikutip dari Doctissimo, otak mungkin hanya 2 persen dari total berat badan Anda, namun mengendalikan seluruh tubuh untuk bisa bergerak dan bereaksi layaknya manusia normal. Untuk fungsi yang demikian besar, dia menggunakan setidaknya 20 persen dari asupan kalori harian, dan menjadikannya organ tubuh yang rasa laparnya bisa 10 kali dari organ lain.

Sayangnya kita lebih peka dengan lapar perut daripada otak, oleh karena itu sisipkan sepuluh makanan ini ke dalam menu harian Anda agar otak bisa bekerja optimal setiap saat.

1. Minyak ikan untuk brain maintenance
Fungsi otak yang melemah dan juga ingatan yang bermasalah seringkali disebabkan karena kurangnya Omega 3. Jika tidak suka minyak ikan, Anda bisa juga mendapatkan Omega 3 dari telur, kacang-kacangan dan sumber lainnya.

2. Polong untuk energi otak
Tidak hanya fungsi memori dan berpikir yang perlu Anda cukupi dengan Omega 3, otak juga butuh asupan energi dari glukosa yang bisa Anda dapatkan dari makanan bergula. Namun makanan manis juga tidak baik untuk kesehatan, jadi polong-polongan akan menjadi sumber glukosa yang lebih sehat untuk kecukupan glukosa Anda.

3. Pisang untuk menenangkan otak
Hanya pisang yang mengandung magnesium sekaligus vitamin B6. Kedua nutrisi ini penting untuk metabolisme asam amino dan bertanggung jawab terhadap produksi serotonin dan GABA, pemicu good mood dan rasa senang.

4. Hati untuk kecerdasan
Walaupun kuliner Barat sering menganggap hati sebagai bahan tak layak makan, namun nyatanya kandungan zat besi dalam hati baik untuk suplay oksigen ke otak.

5. Berry penangkal kerusakan otak
Strawberry, blackberry dan blueberry adalah sumber vitamin C dan zat antioksidan yang menangkal radikal bebas perusak sel otak dan sel syaraf. Dengan sirkulasi darah yang sehat, kebutuhan oksigen tercukupi sehingga bisa berpikir lebih jernih.

6. Kerang untuk fungsi otak
Selain kaya vitamin B12 dan lysin (protein yang baik untuk syaraf), kerang-kerangan kaya oligo-elements yang berfungsi menangkal stres, kecemasan dan masalah mental lainnya.

7. Telur untuk konektivitas otak

Telur terkenal tinggi asam amino, lecithin dan phospholipid yang diperlukan dalam proses memori, sistem syaraf dan juga mempengaruhi intelektual seseorang.

8. Bayam untuk ingatan yang baik
Otak butuh zat besi dan juga serangkaian vitamin B, dan semuanya itu ada di sayur bayam. Kekurangan vitamin B9 yang banyak terdapat di bayam bisa menyebabkan penurunan memori dan kewaspadaan.

9. Cocoa untuk stimulasi otak
Kita tahu coklat murni atau cocoa mengandung kafein dan amphetamine yang bisa mendongkrak konsentrasi dan semangat seseorang. Namun cocoa juga tinggi magnesium dan antioksidan yang menjaga fungsi otak bekerja dengan baik.

10. Alpukat untuk otak awet muda
Buah alpukat tinggi vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi jaringan lemak otak dari penuaan. Untuk yang satu ini, tidak hanya otak Anda yang akan tetap segar karena vitamin E juga baik untuk peremajaan kulit. So, cantik dan cerdas sampai tua bukan lagi hal yang sulit dicapai!

No comments:

Post a Comment