Saturday, August 6, 2011

Kapolri Bagikan 1.652 Motor untuk Pasukan Antitawuran



JAKARTA - Kapolri Timur Pradopo menyerahkan secara simbolis sebanyak 1.652 unit motor untuk personel Pasukan Pengurai Massa. Selanjutnya motor-motor tersebut akan disebarkan ke seluruh Polda dan Polres seluruh Indonesia.

Sepeda motor ini diharapkan dapat memudahkan pihak kepolisian dalam menangi tawuran massa yang akhir-akhir ini sering terjadi.

"Sarana pengurai massa, rompi persenjataan, merupakan upaya sentuhan baru untuk menanggulangi konflik yang ada di wilayah," ujar Timur dalam sambutannya pada upacara penyerahan motor pengurai massa, di lapangan Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu (6/8/2011).

Timur berharap para petugas di wilayah dapat dengan mudah dan bergerak cepat sekalipun ke pelosok-pelosok saat mendapat informasi adanya indikasi kekerasan. Sebab bagi dia, kendaraan tersebut memiliki kelebihan dibanding kendaraan roda empat, sarana tersebut dapat menjangkau medan-medan sulit.

"Dipilihnya kendaraan operasional roda dua karena untuk menjangkau medan sulit, terkadang tak bisa dijangkau dengan kendaraan roda 4. Melalu upaya penanggulangan secara profesional maka diharapkan untuk mengeleminir gesekan-gesekan yang ada," kata dia.

Menurut mantan Kapolda Metro Jaya ini, 1.652 kendaraan tersebut nantinya akan disebar ke 31 Polda di seluruh Indonesia. Setiap Polda dan polres mendapat 15 buah kendaraan roda dua. Kendaraan roda dua berjenis trail ini, dalam prosedurnya akan diawaki oleh dua orang yang sudah dilatih dan mengenakan pelindung badan.

"Saya berpesan, agar seluruh anggota dapat menjaga dan merawat dengan baik kendaraan pengurai massa ini dan kendaraan," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment